Internet, sebuah kata yang tentu saja tidak asing  ditelinga kita bukan? Berbagai informasi dengan mudah kita dapatkan  disana. Mulai dari sekedar cara membuat tempe hingga cara membuat  website. Mulai dari sekedar membeli pulsa online hingga membeli mobil  mewah.
Pengguna internet pun terus meningkat dari tahun ke tahun.  Berdasarkan info yang saya dapat dari Detikinet.com total pengguna  internet di Indonesia pada tahun 2010 ini tembus 45 juta, wow. Padahal  masih dari sumber yang sama, tahun 1999 penggunanya masih 1 jutaan saja.
Negara kita Indonesia menargetkan penduduknya pada tahun 2015 separuhnya adalah pengguna internet, nah lo. Kalao sekarang di Indonesia ada 240 juta jiwa itu artinya akan ada 120 juta pengguna internet di Indonesia, ckckck. Sedang menurut Okezone.com, pengguna internet diprediksi lebih dari 2 milyard di seluruh dunia.
Dengan pengguna yang terus melonjak dan pengguna segala kalangan, menjadi ladang yang sangat potensial untuk cara beriklan di internet.  Dengan beriklan di internet tentu saja produk/jasa yang kita tawarkan  dikenal masyarakat luas. Maka diharapkan penjualanpun meningkat tajam.
Cara beriklan di Internet apa saja sih?
Banyak  cara dapat kita pilih untuk beriklan di internet. Baik itu berbayar  maupun gratisan. Pasang iklan gratisan seperti pasang iklan baris gratis  atau beriklan di blog gratisan milik sendiri. Tapi tentu saja, iklan  berbayar akan mendapat nilai yang lebih daripada berbayar. Berikut  beberapa cara beriklan di internet :
1. Beriklan di internet via Facebook
Facebook,  jejaring sosial yang sedang booming saat ini memang sangat digemari  sebagian besar pengguna internet. Tercatat sampai Mei 2010, Indonesi  memiliki total 23.781.260 pengguna Facebook. Yang terdiri dari  13.942.460 pengguna pria dan 9.612.180 pengguna wanita.
Click to zoom : contoh iklan via Facebook
Dengan  jumlah yang fantastik ini menjadi ladang potensial untuk memasang iklan  bukan? Tapi efektifkah Facebook untuk beriklan? Karena iklan di  Facebook hanya ditampilkan saat login. Sehingga tidak bisa terbaca oleh  pengguna internet awam.
2. Beriklan di Internet via Google Adword
Google Adword,  media periklan online yang digawangi oleh raja search engine,  Google.com. Beriklan via Google Adword juga menjadi pilihan favorit  pengiklan online di internet. Tidak lain karena Google adalah mesin  pencari yang banyak di gunakan di dunia.
Click to zoom : contoh iklan Google Adword
Iklan  dalam Google Adword akan ditampilkan sesuai dengan keyword yang dicari  pengunjung. Misal seorang mengetik dengan keyword ‘Cara Beriklan di  Internet’ maka iklan yang akan ditampilkan adalah seputar periklanan dan  promosi.
Tapi efektifkah beriklan di Google Adword? Periklan  jenis ini memang banyak digemari. Tapi harga yang diminta oleh Google  kepada pengiklan masih relatif mahal. Harga perklik bisa mencapi $1-5  bahkan $10 keatas sekali klik. Jadi mesti keluar biaya extra lumayan  untuk beriklan kelas dunia ini.
3. Beriklan di Internet via IdBlogNetwork.com
IdBlogNetwork.com, media  periklanan online yang baru didirikan pada bulan Agustus 2010 ini kini  menjadi favorit blogger (yang menampilkan iklan) dan advertiser  (pemasang iklan). Media periklanan ini menggabungkan 2 kekuatan jenis  iklan.
click to zoom : contoh iklan dari IBN
Yaitu  periklan menggunakan media gambar/banner atau yang disebut PayPerClick  (PPC). Dan juga periklanan menggunakan media tulisan review atau yang  disebut PayPerPost (PPP).
Sekilas tentang idBlogNetwork.com
IdBlogNetwork.com, situs  periklanan yang didirikan oleh para pakar yang sudah berpengalaman  dalam industri media digital online danm teknologi informasi. Sehingga  dengan mudah nama yang baru lahir ini dipercaya blogger dan advertiser.
Terbukti  mulai awal bulan September IDBN sampai saat ini sudah menerima campaign  dari brand-brand raksasa. Seperti Telkomsel, Excelcomindo (XL), Telkom  Flexi, Nokia dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (KemenBudPar)  Republik Indonesia.
IdBlogNetwork.com adalah  media periklanan yang melibatkan blogger-blogger dalam penyebaran iklan.  Baik iklan PPC dalam bentuk banner mapun iklan PPP dalam bentuk posting  review. Dengan memasang iklan banner, iklan kita akan mudah terlihat  oleh pengujung blog/web.
Sedangkan iklan berupa artikel review  bisa dengan mudah ditemukan oleh pengguna internet yang melakukan  pencarian dari Google atau sejenisnya. Dengan dua kekuatan ini tentu  kualitas dan hasil dari periklanan lebih besar dari periklanan biasa.
Cara beriklan di Internet via IDBlogNetwor.com
Seperti  yang saya sebutkan diatas, IDBN adalah media bagi blogger dan  advertiser. Jika sobat ingin bergabung dengan IDBN sebagai blogger untuk  menampilkan iklan, sobat tinggal registrasi di web IDBlogNetwork dan  sering diskusi dengan member di Facebook Fan Page IDBN yang berlamat di http://www.facebook.com/idblognetwork
Jika  anda berminat menjadi advertiser atau pemasang iklan, anda bisa  berkunjung ke websitenya juga. Atau bisa langsung menghubungi bagian  Marketing via email : marketing(at)idblognetwork.com. Nanti akan dijelaskan bagai prosedur dan TOS bagi advertiser.
Sukses selalu periklanan online Indonesia
No comments:
Post a Comment